Varietas Tomat Unggulan

Tomato atau yang biasa kita sebut dengan tomat adalah salah satu jenis sayur-sayuran yang tumbuh dan berkembang di Indonesia. Tanaman ini sangat cocok ditanam di tanah Indonesia sehingga banyak petani yang memilih untuk membudidayakan tomat.

Sebelum membudidayakan tomat, ada baiknya  petani harus mengetahui seluk beluk tentang tomat. Salah satu hal yang harus diketahui yaitu, tomat termasuk tanaman setahun. Apa arti dari tanaman setahun? Artinya adalah tanaman tomat hanya berumur satu kali periode saja atau sekali berproduksi dan langsung dipanen maka tomat pun akan mati.

Itu artinya, tanaman tomat tidak seperti tanaman keras lainnya seperti mangga yang bisa tumbuh secara terus menerus atau hingga bertahun-tahun. Tanaman tomat hanya dapat bertahan dalam hitungan bulan saja. Jadi, bagi Anda yang ingin membudidayakan tomat, Anda juga harus siap melakukan proses budidaya tomat  tersebut.



JENIS-JENIS TOMAT

Berbicara mengenai tomat, pastinya tidak lepas dari jenis-jenisnya. Tidak hanya itu saja, sebelum membudidayakan tomat hal selanjutnya yang juga harus Anda tahu adalah mengetahui jenis-jenis dari tomat. Apa tujuannya? Tujuannya agar Anda tidak keliru ketika sedang memilih bibit tomat.

Secara umum, tomat itu terbagi atas dua jenis yaitu penggolongan berdasarkan varietas secara resmi dan penggolongan berdasarkan varietas secara tidak resmi. Apakah perbedaan keduanya? Sebenarnya keduanya sama-sama merupakan jenis tomat.

Akan tetapi, untuk tomat yang termasuk ke dalam penggolongan berdasarkan varietas secara resmi, itu artinya tomat tersebut sudah dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah dan penanamannya pun sudah disetujui oleh pemerintah.

Sedangkan untuk tomat yang termasuk ke dalam penggolongan berdasarkan varietas secara tidak resmi, itu artinya tomat tersebut belum dikeluarkan oleh pemerintah atau belum disahkan varietasnya oleh pemerintah.

Penggolongan varietas secara resmi dan penggolongan varietas secara tidak resmi, keduanya terbagi lagi atas beberapa jenis.

Untuk tomat yang termasuk ke dalam golongan varietas secara resmi yaitu:

Varietas ratna
Varietas intan
Varietas zamrud
Varietas tomat Taiwan
Varietas opal
Varietas mutiara
Varietas berlian

Sedangkan untuk tomat yang termasuk ke dalam golongan varietas secara tidak resmi seperti:

Tomat kentang
Tomat biasa
Tomat apel
Dan tomat ceri

Itulah beberapa jenis tomat berdasarkan penggolongan varietasnya.

Dari seluruh jenis varietas yang ada, Anda dapat memilih salah satunya. Di dalam memilih varietas tersebut, Anda dituntut untuk lebih teliti dan usahakan bibit atau varietas yang dipilih merupakan varietas yang banyak dicari oleh orang-orang.

Jika hal itu dilakukan, maka otomatis Anda akan mendapatkan keuntungan yang berkali-kali lipat karena pada saat banyak orang yang mencarinya, maka banyak pula keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Tidak hanya itu saja, pemilihan bibit juga bisa dilakukan dengan cara melihat kualitas dan kuantitas dari bibit tersebut. Jika bibit berkualitas maka akan menghasilkan tomat yang berbuah lebat.

Bagaimana, tertarik untuk membudidayakan tomat? Jika memang Anda ingin membudidakayakan tomat, Anda bisa membudidayakannya sendiri di rumah dengan mempertimbangkan hal-hal seperti yang telah disebutkan di atas, Advertisements

Artikel Terkait

Varietas Tomat Unggulan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email