Sejarah Awal Mula Tersebarnya Tanaman Buah Semangka

Pada umumnya tanaman buah semangka banyak di budi dayakan di Negara-negara terbesar di dunia, seperti di Negara Jepang, Cina dan berbagai Negara di sekitarnya. Tetapi untuk di Indonesia sendiri, budi daya tanaman buah semangka biasanya paling banyak di lakukan di tempat-tempat yang memiliki iklim yang sejuk, seperti di daerah pulau jawa dan sekitarnya.

Di daerah sekitar pulau jawa memang merupakan pusat budi daya tanaman semangka dengan penghasilan yang paling tinggi di setiap panennya. Untuk itu para budi daya tanaman semangka memperbanyak melakukan penanaman buah semangkanya, agar penghasilan yang mereka dapatkan pada saat panen tiba semakin meningkat.

Jika anda tertarik ingin melakukan budi daya tanaman semangka, maka ada baiknya jika anda melihat syarat tumbuh budi daya tanaman semangkan di bawah ini :

Syarat pertumbuhan

Sebelum melakukan budi daya tanaman semangka, ada baiknya jika kita melihat beberapa syarat tumbuh terlebih dahulu. Beberapa syarat tumbuh ini tentunya akan sangat membantu pertumbuhan dari tanaman semangka.

Syarat tumbuh utama dalam budi daya tanaman semangka ialah lokasi tempat penanaman. Lokasi yang di gunakan untuk penanaman ini merupakan syarat paling utama ketika melakukan budi daya tanaman buah semangka.



Lokasi atau lahan yang di gunakan untuk melakukan penanaman, biasanya harus memiliki tingkat kesuburan yang tinggi, seperti halnya kita harus memilih jenis tanah yang berkapur agar hasil budi daya tanaman semangka terlihat lebih menarik.

Media tanam

Selain lokasi atau lahan, media tanam juga merupakan salah satu dari syarat tumbuh yang di wajibkan dalam melakukan budi daya tanaman semangka.

Seperti halnya kondisi tanah yang cocok untuk tanaman buah semangka adalah tanah yang cukup gembur, serta kaya bahan organik. Bukan tanah asam yang biasa di gunakan untuk persawahan atau pun perkebunan.


Tanah yang cocok untuk tanaman buah semangka ini sendiri adalah jenis tanah yang porous. Tanah yang porous ini biasanya tanah yang mampu membuang kelebihan air di yang ada di dalam tanah. Sehingga kadar air yang berada di dalam tanah tidak terlalu berlebihan ketika di lakukannya penyiraman.

Jangan biarkan tanah yang di gunakan untuk melakukan penanaman buah semangkan mengalami kelembapan, karena jika tanah mengalami kelembapan maka tentunya akan lebih cenderung terserang hama dan juga penyakit.

Ketinggian tempat

Bukan hanya itu saja, ketinggian tempat untuk budi daya tanaman buah semangka juga menjadi salah satu penyebab keberhasilan budi daya tanaman buah semangka. Seperti halnya daerah perbukitan yang memiliki ketinggian berkisar 110-320 m dpl.

Tidak di anjurkan para budi daya tanaman buah semangka untuk melakukan penanaman buah semangka di sekitar daerah pantai yang memiliki ketinggian di bawah perbukitan. Karena tanah yang di hasilkan di sekitar pantai tidak terlalu bagus, dan tidak dapat menyerap air dengan baik sehingga penanaman tidak dapat di lakukan di sekitar pantai.

Advertisements

Artikel Terkait

Sejarah Awal Mula Tersebarnya Tanaman Buah Semangka
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email