Karakteristik Ikan Patin yang Belum Diketahui Orang Banyak

Ikan patin merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang paling banyak di gemari oleh masyarakat. Karena seperti yang telah kita ketahui, bahwa jenis ikan yang satu ini memiliki tekstur daging yang sangat lembut dan juga sangat cocok untuk di jadikan berbagai macam olahan menu  makanan.

Untuk budi daya ikan patin ini sendiri, biasanya dapat di lakukan di tempat air yang tawar. Karena di air yang tawar ini, ikan patin dapat berkembang sesuai dengan kehidupannya. Selain itu ikan patin ini juga merupakan jenis ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis penting.

Sehingga harga jual dari ikan air tawar ini sendiri cukup menjanjikan, biasanya untuk harga jual yang di tawarkan pada konsumen bisa mencapai harga yang sangat tinggi di atas rata-rata. Sehingga para budi daya ikan patin ini dapat meraup keuntungan yang lebih banyak dari biasanya.

karakteristik daging

untuk mengetahui karakteristik dari ikan patin ini sangat lah mudah, karena ikan patin ini sendiri memiliki karakteristik yang sangat khas. Dari semua jenis keluarga lele, kualitas dan rasa dari daging ikan patin ini boleh di bilang memiliki rasa yang sangat enak dan gurih di bandingkan jenis keluarga lele lainnya.


Selain itu, dari analisis kandungan gizi dan protein di dalam ikan patin ini juga terbilang sangat tinggi. Sehingga jenis ikan tawar yang satu ini sangat bagus untuk di konsumsi oleh semua kalangan.

Morfologi

Agar kegiatan budi daya ikan patin berhasil dan sesuai dengan yang di harapkan, maka sebaiknya kita harus mengetahui seluk-beluk dari ikan patin ini terlebih dahulu. Seperti halnya mengetahui tentang morfologi dari ikan patin tersebut.

Biasanya untuk pertumbuhan ikan patin dewasa biasanya bisa mencapai 130 cm, bentuk tubuh dari ikan patin ini sendiri biasanya lebih memanjang dengan warna yang dominan yaitu putih ke abu-abuan. Untuk jenis ikan patin ini biasanya memiliki warna yang semakin lama semakin pekat, sehingga kita dapat membedakan yang mana jenis ikan dewasa dan yang mana jenis ikan patin anakan.



Kebiasaan hidup

Untuk kebiasaan hidup dari ikan patin ini tentunya tidak sama seperti jenis ikan lainnya. Karena ikan patin ini hanya dapat hidup di air tawar saja. Selain itu, ikan patin ini juga bisa mendapatkan makanannya dengan cara memakan ikan-ikan kecil, cacing, serangga dan juga jenis biji-bijian yang ada di dalam kolam air tawar.

Maka dari itulah, jenis ikan yang satu ini biasa di juluki sebagai ikan omnivora, yaitu ikan pemakan segalanya.

Jika anda tertarik ingin  melakukan budi daya ikan patin ini, sebaiknya anda harus melihat apa-apa saja yang harus di lakukan dalam melakukan budi daya ikan patin agar budi daya tersebut dapat berjalan dengan lancar.


Seperti halnya, kita harus mengetahui jenis lokasi yang akan di gunakan untuk budi daya ikan patin tersebut. Selain itu lokasi budi daya ikan patin yang kita lakukan sebaiknya harus berada di sekitar lokasi pemasaran. Agar hasil budi daya ikan patin yang kita jalankan dapat cepat sampai di tangan para konsumen.

Advertisements

Artikel Terkait

Karakteristik Ikan Patin yang Belum Diketahui Orang Banyak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email