Cara Merawat Burung Kenari yang Baik

Burung kenari merupakan salah satu satwa yang dipelihara oleh banyak orang khususnya para pecinta burung. Memelihara burung kenari tentunya memiliki tujuannya masing-masing. Salah satu tujuannya yaitu untuk menyalurkan hobi memelihara burung kenari.

Sebagai burung peliharaan, tentunya burung kenari harus dirawat seperti layaknya hewan peliharaan lainnya. Merawat burung kenari merupakan suatu hal yang sangat penting dan tidak boleh terlewatkan. Mengapa dikatakan demikian? Karena ada beberapa kasus kematian burung kenari yang disebabkan oleh pemiliknya yang enggan merawat dengan baik burung kenari tersebut.

Berbicara mengenai perawatan burung kenari, ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh pemilik burung tersebut. Jika Anda merupakan seorang pemilik burung kenari, mungkin Anda bisa melihat penjelasan lebih lanjut di bawah ini.


Perawatan Burung Kenari

Perawatan burung kenari bisa dikatakan sesuatu hal yang gampang-gampang sulit. Mengapa dikatakan demikian? Sebab, di dalam merawat burung kenari itu kita harus mempersiapkan berbagai macam kebutuhan burung kenari tersebut.

Contohnya seperti kandang atau sarang, tempat makan, tempat minum, makanan dan minumannya, dan sarana lainnya yang akan menunjang di dalam perawatan burung kenari sehari-hari.

Akan tetapi, burung kenari ini termasuk salah satu jenis burung yang tidak terlalu sulit untuk dibina atau dirawat sehingga kita tidak akan menemukan kendala yang berarti ketika merawat burung kenari.


  • Mempersiapakan Kandang

Setiap makhluk hidup pasti memiliki tempat tinggal. Begitu pula dengan burung kenari. Walaupun ia termasuk jenis hewan, tetapi ada baiknya kita sebagai pemiliknya yang harus mempersiapkan kandang. Kandang yang harus dipersiapkan sebaiknya kandang yang memang layak untuk ditempati.

Kandang atau sangkar burung kenari bisa kita buat sendiri ataupun membelinya di tempat menjual pakan burung atau sejenisnya. Sangat disarankan untuk membuat kandang atau sangkar sendiri karena membuat kandang sendiri jauh lebih bagus dibandingkan membelinya.

Kandang yang perlu dipersiapkan ada  beberapa jenis. Yang pertama ada kandang karantina yang berguna untuk menampung burung-burung yang baru saja datang dari luar penangkaran. Yang kedua ada kandang pembiakan yang berguna untuk mengembangbiakkan burung. Yang ketiga ada kandang penjodohan yang berguna untuk menjodohkan burung. Dan yang terakhir ada kandang pembesaran anak yang berguna untuk membesarkan anakan dari burung.


  • Mempersiapkan Tempat Makan dan Minum

Makan dan minum merupakan kebutuhan pokok yang perlu dipenuhi. Tanpa keduanya, tentu saja burung kenari tidak akan bisa bertahan hidup. Karena itulah diperlukan tempat untuk meletakkan makanan dan minuman tersebut.

Tempat yang digunakan biasanya berupa mangkuk kecil atau lebih dikenal dengan cepuk. Cepuk bisa dipakai sebagai tempat makanan maupun sebagai tempat minuman.


  • Mempersiapkan Tempat Bertengger

Satu lagi yang tidak terlewatkan ketika mempersiapkan sarana untuk perawatan burung kenari yaitu tempat untuk bertengger. Seperti yang kita semua ketahui bahwa burung sangat suka bertengger. Oleh karena itu, tempat untuk bertengger burung sangat perlu dipersiapkan.

Tempat bertengger biasanya diletakkan ditengah-tengah sangkar atau kandang. Tenggeran bisa terbuat dari kayu yang teksturnya tidak licin agar burung tidak tergelincir ketika bertengger pada tenggeran tersebut.

Itulah beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketika hendak memelihara burung kenari. Advertisements

Artikel Terkait

Cara Merawat Burung Kenari yang Baik
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email