Cara Membuat Bibit Tomat Sendiri

Siapa yang tidak mengenal tomat? Hampir seluruh penduduk Indonesia mengenal yang namanya tomat. Tidak hanya di Indonesia saja yang mengenal tomat, bahkan di luar Indonesia pun banyak yang mengenal tomat.

Tomat merupakan tanaman pangan yang dapat dimanfaatkan pada bagian buahnya. Buah tomat ini memiliki rasa manis keasam-asaman. Karena rasanya yang unik, tak jarang orang menjadikannya sebagai bahan pelengkap rasa di dalam sebuah makanan.

Untuk kali ini kita tidak akan membahas mengenai kegunaan dari buah tomat. Akan tetapi, disini kita akan membahas tentang bagaimana caranya membudidayakan tanaman tomat dengan menggunakan benih atau bibit buatan kita sendiri. Penasaran bagaimana cara pembuatannya? Simak terus penjelasan di bawah ini.


Membuat Benih Tomat Sendiri

Sebelum membudidayakan atau menanam tomat tentunya kita harus mempersiapkan benih terlebih dahulu. Secara umum, jenis benih ada dua yaitu benih yang sudah terjual di pasaran dan benih yang dibuat sendiri.

Kedua jenis benih tersebut sering dipakai. Dan untuk saat ini kita hanya akan membahas mengenai jenis benih yang dibuat sendiri. Benih yang dimaksud disini ialah benih tomat.

Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya, bagaimanakah cara membuat benih tomat sendiri? Membuat benih tomat sendiri bisa dikatakan perkara yang gampang-gampang susah. Mengapa dikatakan demikian? Sebab, pembuatan benih tomat tidak boleh sembarangan tetapi tidak pula sulit untuk dilakukan.

Setiap orang bisa membuat benih tomat sendiri. Tidak terkecuali bagi Anda yang merupakan seorang Ibu Rumah Tangga yang ingin membudidayakan tomat sendiri di pekarangan rumah.
Bagaimanakah cara membuat benih tomat sendiri? Berikut ini akan dijelaskan cara pembuatan benih tomat sendiri.


  • Mempersiapkan Tomat Indukan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih tomat Indukan. Di dalam memilih indukan tidak boleh asal pilih. Indukan yang dipilih merupakan indukan yang sehat, kuat, serta tingkat pertumbuhan yang laju. Ingat, jangan memilih indukan tomat yang sedang terkena penyakit atau sejenisnya karena akan berpengaruh pada benih yang dihasilkan nantinya.


  • Memanen Indukan Tomat

Setelah mempersiapkan tomat untuk indukan dan berhasil mendapatkan tomat indukan yang sesuai dengan kriteria, selanjutnya Anda dapat memanen Indukan tomat tersebut. Waktu yang baik untuk memanen Indukan tomat adalah sekitar jam 11.00 sampai dengan jam 12.00.

Perlu diingat bahwa Anda harus mempersiapkan atau memanen indukan tomat melebihi dari yang ditargetkan. Apa tujuannya? Tujuannya agar tidak terjadi yang namanya kehabisan benih.

  • Mempersiapkan benih

Tahap ini bisa dikatakan sebagai tahap terakhir dari membuat benih sendiri. Berikut ini cara mempersiapkan benih.

  1. Setelah kita memanen indukan tomat, selanjutnya kita dapat mencuci terlebih dahulu buah tomat tersebut.
  2. Setelah itu, buah tomat dapat diambil bagian dalam bijinya dan diletakkan pada sebuah wadah yang sudah berisi sedikit air.
  3. Selanjutnya, biji dicuci di dalam sebuah saringan kecil. Tujuan penggunaan saringan pada saat pencucian adalah agar antara daging tomat dengan biji tomat dapat terpisah.
  4. Pisahkan Antara daging tomat dengan biji tomat.
  5. Apabila sudah terpisah, letakkan biji tomat di atas tempat yang sebelumnya sudah disediakan yaitu berupa plastik.
  6. Peletakan harus dilakukan dengan cara menyebarkan biji dan jangan sampai ada biji yang menumpuk.
  7. Biji tomat tersebut kemudian dikeringkan dengan cara diangin-anginkan.

Apabila semua proses diatas sudah dilakukan, itu artinya benih atau bibit tomat sudah bisa digunakan atau ditanam. Advertisements

Artikel Terkait

Cara Membuat Bibit Tomat Sendiri
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email